Inggris Pesta Gol 6-2 Atas Iran

ASPOST.ID- Inggris mengawali kiprahnya dalam Piala Dunia 2022 saat melawan kesebelasan Iran. Tim Tiga Singa itu berpesta gol atas Iran dengan kemenangan 6-2.

Inggris vs Iran pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 tersaji di Khalifa International Stadium, Selasa (21/11/2022) malam sekira pukul 20.00 WIB. Tim Tiga Singa tampil dominan sepanjang 90 menit.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 78,2 persen dibanding Iran yang hanya 21,8 persen. Inggris membuka keunggulan pada menit ke-35 lewat Jude Bellingham.

Pasukan Gareth Southgate menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0. Inggris bikin dua gol menjelang turun minum dari Bukayo Saka (menit ke-43) dan Raheem Sterling (45′).

Saka mengemas brace selepas jeda pada menit ke-62 untuk membawa Inggris unggul 4-0. Mehdi Taremi sempat memperkecil ketinggalan Iran di menit ke-65.

Namun, gol Marcus Rashford di menit ke-71 bikin Inggris kembali menjauh. Jack Grealish mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89 mencetak gol keenam Inggris.

Iran bisa mencetak gol di pengujung laga dari penalti Taremi. Laga berakhir 6-2 untuk kemenangan Inggris.

Kemenangan ini mengantarkan Inggris memimpin klasemen Grup B dengan tiga angka. Sementara, Iran di posisi terbawah dengan belum meraih poin.

Jalannya Pertandingan

Pada menit ke-3, Tim Tiga Singa mendapatkan sepak pojok. Harry Maguire merasa dijatuhkan oleh Roozbeh Cheshmi di kotak penalti saat berusaha menyambut umpan sepak pojok Kieran Tripper. Namun wasit dan Video Assistant Referee (VAR) tak menganggapnya pelanggaran.

Pada menit ke-8, kiper Iran, Alireza Beiranvand harus berbenturan dengan rekannya sendiri Majid Hosseini usai berhasil menghalau umpan silang Harry Kane. Setelah beberapa kali mendapat perawatan Beiranvand tak bisa melanjutkan laga dan digantikan oleh Seyed Hossein Hossein.

Inggris tampil dominan. Bukayo Saka coba mengancam lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-28. Usahanya masih terlalu lemah hingga mudah diamankan Hossein Hossein.

Dua menit berselang, Saka kembali mengkreasi serangan Inggris. Umpan tariknya dari sisi kanan bisa disambar Mason Mount. Namun tembakan Mount masih melebar tipis.

Peluang emas hadir untuk Inggris pada menit ke-32. Maguire bisa menyambut sepak pojok dengan sundulan. Tandukannya tapi belum membuahkan hasil karena masih membentur tiang.

Gol!!! Inggris akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-35. Umpan silang Luke Shaw dari sisi kiri menemui kepala Jude Bellingham. Sundulan Bellingham begitu terukur meluncur ke pojok kiri gawang Iran. Inggris unggul 1-0.

Gol!!! Inggris bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Menerima bola pantul dari tandukan Maguire, Saka melancarkan sepakan kencang dari dalam kotak penalti yang tak terbendung Hossein.

Gol!! Gempuran Inggris belum berhenti. Lewat serangan cepat Kane melepas umpan dari sisi kiri yang disambar Raheem Sterling dengan sepakan first time menjadi gol. Inggris menjauh 3-0.

Wasit memberi tambahan waktu 14 menit di babak pertama dampak dari lamanya perawatan cedera dari Beinanvard. Inggris memilih menurunkan tempo di sisa babak pertama.

Iran punya kesempatan saat Alireza Jahanbakhsh terbebas di sisi kanan kotak penalti. Tembakannya menyambut umpan silang tapi melambung jauh.

Skor 3-0 untuk pasukan Gareth Southgate bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Iran tampil lebih menyerang. Hal ini menimbulkan banyak celah di lini pertahanan mereka. Inggris memanfaatkan situasi tersebut,

Gol!!! Saka menusuk dari sisi kanan. Ia mendapat ruang tembak usai mengecoh beberapa pemain. Tembakannya memperdayai Hossein pada menit ke-62.

Gol!!! Memanfaatkan Maguire yang longgar memberikan penjagaan, Mehdi Taremi terbebas. Ia dengan baik menuntaskan umpan Ali Gholizadeh untuk menggetarkan jala Inggris tiga menit berselang.

Gol!!! Pemain pengganti Marcus Rashford turut meramaikan pesta gol Inggris. Bergerak dari sisi kanan, ia mengelabuhi satu pemain sebelum tembakan mendatarnya menggetarkan jala Iran.

Tempo menurun di 15 menit terakhir laga. Meski demikian, Inggris masih bisa menambah satu gol pada menit ke-89.

Gol!!! Callum Wilson terbebas dari perangkap offside. Ia tak egois dengan menyodorkan bola ke Jack Grealish yang menuntaskanya jadi gol keenam Inggris.

Iran mendapat hadiah penalti di menit akhir usai wasit meninjau VAR. Hal ini terjadi usai Taremi mendapat tarikan dari John Stones dan Eric Dier saat berusaha menyongsong umpan silang.

Gol!!! Taremi yang mengeksekusi penalti bisa mengecoh Jordan Pickford. Inggris mengakhiri 90 menit dengan kemenangan 6-2

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire (Eric Dier 70′), Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice; Bukayo Saka (Marcus Rashford 70′), Mason Mount (Phil Foden 71′), Raheem Sterling (Jack Grealish 70′); Harry Kane (Callum Wilson 70′).

Iran: Alireza Beiranvand (Hossein Hossein); Sadegh Moharrami, Roozbeh Cheshmi (Mohammad Hosssin Kanan 46′), Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Milad Mohammadi (Mehdi Torabi 63′); Alireza Jahanbakhsh (Ali Gholizadeh 46′), Ehsan Hajisafi, Ali Karimi (Saeid Ezatollahi 46′), Ahmad Noorollahi; Mehdi Taremi. (detikcom/aspost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here