Jaring Bacaleg DPRK dan DPRA, Ini Pilihan Warga Hagu Selatan

Keuchik Gampong Hagu Selatan Zulfitrian.

ASPOST.ID- Pemerintah Gampong Hagu Selatan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe telah membentuk panitia konvensi Bacaleg DPRK Lhokseumawe dan DPR Aceh. Hal itu dilakukan untuk menentukan bakal calon legislatif (Bacaleg) anggota dewan asal Hagu Selatan untuk maju pada Pemilu 2024 mendatang.

Keuchik Gampong Hagu Selatan Zulfitrian menyampaikan, konvensi Bacaleg itu dilakukan atas inisiatif dirinya bersama aparatur gampong untuk mencari sosok yang tepat sebagai Bacaleg DPRK dan DPRA.

Ia mengatakan, pihaknya membentuk panitia konvensi dan langsung bekerja dalam dua pekan terakhir ini untuk menentukan siapa saja yang berminat menjadi Bacaleg Hagu Selatan.

Kemudian, panitia juga membagikan 3 ribu lembar surat suara nama Bacaleg DPRK dan DPRA kepada masyarakat. Selanjutnya, masyarakat sebagai pemilih dapat menentukan sendiri siapa Bacaleg yang ingin dipilih. Dimana dalam surat suara itu juga ada kolom khusus yang masih kosong sehingga masyarakat bisa mengisi siapa Bacaleg diinginkan selain yang tertera pada surat suara.

“Alhamdulillah, konvensi Bacaleg DPRK dan DPRA berjalan lancar serta sudah ada hasil sosok Bacaleg asal Gampong Hagu Selatan yang akan diusung pada pemilu 2024,”katanya, seperti dilansir harianrakyataceh.

Sementara itu, Ketua Panitia Konvensi Bacaleg DPRK-DPRA, Drs.H.Ibrahim Bewa, MA, l menyebutkan, dalam lima tahun terakhir ini tidak ada anggota DPRK Lhokseumawe asal Gampong Hagu Selatan.

“Kebiasaan yang terjadi saat pemilu itu ada 12 orang caleg dari Hagu Selatan yang naik ke DPRK Lhokseumawe, tapi tidak satupun
terpilih karena suaranya pecah. Padahal kita jumlah pemilih hingga 3 ribu orang. Makanya saran pak Keuchik dan tokoh masyarakat untuk membentuk panitia konvensi Bacaleg DPRK-DPRA,”ucapnya.

Ia mengatakan, lewat konvensi ini dapat ditentukan siapa Bacaleg DPRK-DPRA yang diunggulkan untuk menjadi anggota parlemen Lhokseumawe dan parlemen Aceh.

“Jadi dalam surat suara yang dibagikan kepada masyarakat untuk DPRK ada empat Bacaleg, yakni Muhari Agussalim dari PDA, H.Nur Muhammad dari PPP, Mansur dari PDI dan Asniza Gustia, SE dari Perindo. Kemudian, ada dua Bacaleg DPRA, yakni H. Hasbuh Yahya, ST dari PPP dan Zulfikar Rasyid dari Golkar,”katanya.

Disebutkan, dalam surat suara Bacaleg itu juga ada kolom khusus supaya masyarakat dapat mengisi sendiri siapa Bacaleg yang ingin dipilih selain nama-nama pada surat suara tersebut.

“Jadi kemarin, kita sudah buka semua surat suara, untuk Bacaleg DPRK Lhokseumawe ada 17 nama, tapi yang lebih unggul dipilih oleh masyarakat yakni Zulfitrian (Keuchik Hagu Selatan) dengan perolehan 822 suara,”ungkapnya.

Sedangkan, untuk Bacaleg DPRA ada 9 nama dan yang lebih unggul dipilih oleh masyarakat yakni H.Hasbuh Yahya,ST dari PPP dengan perolehan 1.391 suara. (rakyataceh/aspost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here