Beranda Daerah Kader Ulama Harus Mampu Sesuaikan Perkembangan Zaman

Kader Ulama Harus Mampu Sesuaikan Perkembangan Zaman

ASPOST.ID- Wakil Bupati (Wabup) Aceh Utara, Fauzi Yusuf, membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Aula Lido Graha Hotel, Senin (12/10). Hadir dalam acara itu, Ketua MPU Aceh Utara, Abu Manan Blang Jruen, Wakil Ketua MPU, Ketua MAA Aceh Utara, Tgk Usman, Kepala Sekretariat MPU, Tgk Muzakkir Fuad dan lainnya.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Aceh Utara tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) mulai hari hingga 22 Oktober mendatang,”ucap Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, dalam sambutannya.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kapasitas kader Ulama Aceh Utara sebagai salah satu tugas utamanya sesuai dengan amanah Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. “Kegiatan ini tentu saja sangat penting dan strategis dalam mendukung upaya pengembangan pendidikan para kader Ulama,”kata Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng ini.

Sebutnya, PKU ini adalah momentum terbaik yang harus dimanfaatkan oleh seluruh peserta pada khususnya dan ummat pada umumnya. Mengingat kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) khusus ini sebagaimana disampaikan oleh Abu Ketua MPU dalam khutbah iftitahnya, merupakan kegiatan prioritas Pemkab Aceh Utara dengan alokasi anggaran bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020.

Sebelumnya, Ketua MPU Aceh Utara, Abu Manan, mengatakan, dengan adanya Pendidikan Kader Ulama (PKU) maka para kader ini bisa memimpin ummat di masa yang akan datang. Mengingat perkembangan zaman terus maju dan canggih maka para kader ulama ini harus dididik dengan lebih efektif, agar bisa menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam kehidupan ummat.

“Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk usaha dari pihak pemerintah untuk mengarahkan para kader ulama agar kedepannya bisa melanjutkan tongkat estapet yang diwarisi oleh para ulama-ulama yang terdahulu,”kata Abu Manan.

Menurutnya, Pendidikan Kader Ulama ini tidak hanya sebatas melahirkan para kader ulama yang mempunyai keilmuan dan kefakihan semata, tapi lebih daripada itu mampu menjadi uswah dalam kehidupan keseharian yang tercermin dari akhlaqul karimah.

Selain itu, Abu juga mengharapkan, melalui PKU ini dapat melahirkan kader ulama yang bermartabat dan berguna bagi agama dan bangsa, sehingga menjadi tuntutan bagi masyarakat dalam beribadah kepada Allah SWT. “Perlu diketahui, ummat yang baik adalah orang-orang yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran,”ungkapnya. (asp/ra)

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here