Lulus PPPK, Tapi 442 Orang Ini Mengundurkan Diri

Ilustrasi ikut tes PPPK

ASPOST.ID- Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 442 orang yang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) justru mengundurkan diri. Padahal mereka telah dinyatakan lulus.

Angka 442 pengunduran PPPK itu diperoleh dari 305.778 orang yang dinyatakan lulus di tiga jenis seleksi, yakni PPPK Guru tahap I, PPPK Guru tahap II, dan PPPK Non Guru.

Dari seleksi PPPK Guru tahap I sebanyak 104 orang mengundurkan diri, padahal yang dinyatakan lulus 173.723 orang. Total ada 506 instansi yang mengadakan PPPK dengan 71 instansi diantaranya terdapat peserta yang dinyatakan lulus namun mengundurkan diri.

Provinsi Jawa Barat menyumbang pengunduran diri terbesar, yakni sebanyak 7 orang. Sementara penymbang pengunduran diri paling sedikit ada 56 instansi yakni 1 orang, diantaranya adalah Pemerintah Kab. Manokwari, Pemerintah Provinsi Papua Barat, dan Pemerintah Kab. Natuna.

Kemudian dari PPPK Guru tahap II lebih banyak lagi yang mengundurkan diri. Jumlahnya mencapai 280 orang, dari 120.137 yang dinyatakan lulus.

Pada seleksi ini ada sebanyak 117 instansi yang pesertanya mengundurkan diri dari 504 instansi yang membuka seleksi PPPK.

Provinsi Jawa Barat kembali menyumbang pengunduran diri terbesar, yakni sebanyak 39 orang diikuti Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan 29 orang, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan 15 orang.

Terakhir, PPPK Non Guru ada 58 orang yang mengundurkan diri. Sedangkan yang lulus sebanyak 11.918. Sebanyak 225 instansi yang mengadakan PPPK di seleksi PPPK Non Guru. 29 instansi dari keseluruhan instansi ini terdapat para peserta yang lulus mengundurkan diri.

Berbeda dari seleksi yang lain, Pemerintah Jawa Timur berkontribusi paling besar pengunduran diri ini dengan 8 orang yang mengundurkan diri, diikuti Pemerintah Kab. Musi Banyuasin dan Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara yang sama-sama 7 orang yang mengundurkan diri. Lalu 20 instansi terdapat 1 orang yang mengundurkan diri, seperti Pemerintah Kab. Kep. Mentawai dan Pemerintah Kab. Limapuluh Kota.

442 orang yang mengundurkan diri PPPK ini lebih besar dari mereka yang lulus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tercatat ada 100 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mundur setelah lolos seleksi. (detikcom/aspost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here