Beranda Daerah Usai Divaksin, Sejumlah Nakes Aceh Utara Dirujuk ke RSUCM

Usai Divaksin, Sejumlah Nakes Aceh Utara Dirujuk ke RSUCM

ASPOST.ID– Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) Aceh Utara mengalami sesak hingga kaku usai divaksin di Puskesmas sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM), Lhokseumawe, Senin, 15 Februari 2021, sore.

Informasi dari keluarga salah seorang Nakes menyebutkan ada empat tenaga kesehatan yang dirujuk ke RSUCM dalam waktu hampir bersamaan lantaran kondisinya memburuk usai divaksin di Puskesmas. Empat Nakes itu dari Puskesmas Syamtalira Aron, Meurah Mulia, Kuta Makmur, dan Syamtalira Bayu. Sekda Aceh Utara, A. Murtala, turut datang ke RSUCM untuk melihat kondisi Nakes tersebut.

“Istri saya berangkat dari rumah sehat walafiat. Divaksin di Puskesmas Bayu, pukul 15.00 WIB. Setengah jam setelah divaksin, dia sesak berat, tangannya kaku tidak bisa gerak lagi, kakinya tidak bisa diangkat,” kata suami salah seorang Nakes itu yang minta namanya tidak ditulis.

Melihat kondisi seperti itu, dia meminta pihak Puskesmas segera membawa istrinya ke RSUCM dan ditangani di ruangan IGD rumah sakit milik Pemkab Aceh Utara itu. “Sekarang mulai kurang sedikit (kondisinya mulai membaik), karena sudah ditangani,” ujar dia dikonfirmasi melalui telepon, Senin, sekitar pukul 18.10 WIB.

Humas RSUCM, Jalaluddin, membenarkan empat Nakes dirujuk ke rumah sakit itu karena sesak usai divaksin di Puskesmas.

“Empat Nakes dari Puskesmas Meurah Mulia, Syamtalira Bayu, Syamtalira Aron, dan Kuta Makmur dirujuk ke sini. Keluhannya sesak, mual dan muntah. Sampai sekarang masih dirawat. Yang satu sedang menunggu hasil lab,” tutur Jalaluddin melalui telepon seluler, sekitar pukul 18.50 WIB.

Namun, Jalaluddin membantah ada Nakes yang anggota badannya kaku setelah divaksin. “Yang ada sesak dan mual-mual. Mungkin dampak cemas, karena sebelumnya di Puskesmas hanya menangani yang ‘ringan-ringan’. Sekarang (Puskesmas juga menangani vaksinasi Covid-19) mungkin mereka agak panik,” ujarnya.

“Karena di Puskesmas tidak ada alat jantung, tidak ada dokter spesialis sehingga (empat Nakes yang sesak usai divaksin) dirujuk kemari. Kita lengkap alat dan dokter spesialis, termasuk spesialis jantung. Kita juga menyediakan dua ruangan observasi yang bagus dan lengkap,” tambah Jalaluddin.

Jalaluddin menyebut baru hari ini ada Nakes dirujuk ke RSUCM setelah divaksin di Puskesmas. “Sebelumnya tidak ada, baru hari ini,” ucapnya.

Dia membenarkan Sekda Aceh Utara mendatangi RSUCM untuk melihat kondisi Nakes yang sesak usai divaksin di Puskesmas. “Sekarang Pak Sekda sudah pulang,” kata Jalaluddin. (portalsatu/ap)

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here