Beranda Daerah Jembatan Penghubung Ambruk, Dua Gampong di Aceh Utara Terisolir

Jembatan Penghubung Ambruk, Dua Gampong di Aceh Utara Terisolir

Jembatan gantung yang menghubungkan Gampong Darussalam Kecamatan Geureudong Pase dengan Dusun Lubuk Klit, Gampong Bare Blang Kecamatan Meurah Mulia dan Gampong Bukit Makarti Kecamatan Tanah Luas, ambruk pada Sabtu (12/12.

ASPOST.ID– Hujan deras yang melanda wilayah Aceh Utara dan sekitarnya pada Jumat (11/12) malam, membuat jembatan penghubung tiga kecamatan di Aceh Utara, ambruk. Akibatnya,  masyarakat di dua  gampong yang berada dipedalaman kecamatan itu terisolir.

Informasi  yang  diterima aspost.id, tiang penyangga jembatan gantung rangka baja yang di bangun sekitar tahun 1992 silam itu, ambruk ke sungai. Jembatan tersebut merupakan jalur transportasi utama masyarakat di tiga kecamatan. Yakni menghubungkan Gampong Darussalam Kecamatan Geureudong Pase dengan Dusun Lubuk Klit, Gampong Bare Blang Kecamatan Meurah Mulia dan Gampong Bukit Makarti Kecamatan Tanah Luas.

“Ya akibat dari curah hujan yang tinggi  dalam sepekan terakhir ini dan ditambah lagi hujan pada Jumat malam hingga Sabtu subuh tadi, membuat miringnya jembatan semakin parah hingga ambruk ke sungai serta terjadi erosi di sepanjang pinggir sungai,”ucap Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto melalui Danramil 27/Geureudong Pase, Kapten Inf Lisker Malau, kepada aspost.id, Sabtu (12/12).

Ia mengatakan, pasca kejadian itu pihaknya langsung turun kelapangan untuk melihat kondisi terkini terhadap jembatan yang ambruk tersebut. Dipekirakan jembatan ambruk antara pukul 01.00 WIB  sampai pukul 05.00 WIB Sabtu subuh. “ Ya kalau dilihat dari kondisi jembatan memang sudah tidak layak lagi, apalagi setelah hujan deras dalam beberapa hari terakhir  ini, membuat pondasi atau tiang penyanga jembatan rangka baja sudah bergeser dan sejak itu sudah tidak ada lagi kenderaan yang berani untuk melewatinya,”katanya.

Sementara itu, untuk memastikan kondisi jembatan yang ambruk tersebut Kepala Dinas PUPR, Edi Anwar, Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat bersama anggota dewan,Muspika serta pihak terkait lainnya sudah turun kelokasi runtuhnya jembatan penghubung tiga kecamatan dalam wilayah Aceh Utara. Sedangkan, warga yang terisolir berada di Dusun Lubuk Klit, Gampong Bare Blang Kecamatan Meurah Mulia dan Gampong Bukit Makarti Kecamatan Tanah Luas.  (asp)

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here