Unimal dan PNL Gelar Workshop Digital Marketing Praktis 4.0

ASPOST.ID- Universitas Malikussaleh (Unimal) dan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) bermitra dengan para stakeholder strategis mengadakan Workshop Digital Marketing Praktis 4.0, sebagai salah satu kegiatan unggulan dalam Program Kemitraan Wilayah (PKW-CSR) di Kota Lhokseumawe Tahun 2021.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Pascasarjana Kampus Unimal Lancang Garam, pada Sabtu-Ahad (4-5/12), yang menghadirkan pemateri tunggal yakni Direktur OLG Indonesia Muhammad Nasir.

Workshop Digital Marketing Praktis 4.0, mengusung tema “Mengembangkan Pemasaran Produk Lokal Secara Digital”, dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe, Salahuddin, ST., MSM.

Ketua Pelaksana Kegiatan PKW-CSR, Dr. Mariyudi, SE., MM yang juga Dosen FEB – Universitas Malikussaleh menyampaikan,digital marketing merupakan salah satu aktifitas untuk melakukan pemasaran sebuah produk atau brand melalui dunia digital atau internet. Tujuannya untuk menjangkau konsumen maupun calon pembeli secara cepat dan tepat waktu.

Secara sederhanaya, kata dia, digital marketing merupakan cara untuk mempromosikan produk/ brand tertentu melalui media internet. Cara ini dapat dilakukan melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya. Bahkan juga dapat dilakukan welalui website dan aplikasi.

Menurut dia, era serba teknologi atau Revolusi industri 4.0 saat ini menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat di antara pebisnis. Para pemilik bisnis sudah seharusnya memahami bahwa strategi berperan penting dalam penentuan konten iklan digital untuk mencapai keberhasilan mendatangkan pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi bisnis yang sesuai dengan pemasaran produk yang akan ditawarkan melalui digital marketing.

Kegiatan PKW-CSR tahun ini, lanjut Mariyudi, merupakan program tahun terakhir dari tiga tahun pelaksanaannya, turut menghadirkan Muhammad Nasir dari OLG Indonesia sebagai nara sumber utama dengan agenda materi Digital Marketing Lanjutan. Kegiatan ini dikhususkan kepada para pelaku bisnis yang sudah pernah dibekali materi dalam beberapa workshop sebelumnya dan terbukti masih eksis dalam aktifitas bisnis digital.

Sebut dia, agenda materi workshop membahas tentang praktek membuat media sosial bisnis, manfaatkan fitur untuk tingkatkan nilai bisnis (brand awareness) dan sales marketing, praktek iklan dan promosi bisnis melalui media sosial (FB, WA dan IG).

Kemudian, praktek pembuatan Google bisnsiku, bisnis muncul di Google Maps, terverifikasi oleh Google. Selanjutnya, praktek Google Ads, praktek membuat website secara efektif, cara posting, mengelola dan upload gambar, produksi informasi.

“Juga dibahas mengenai metode agar website disukai Google dan cepat dapatkan omzet,
Teknik branding, menciptakan dan merawat pembeli sehingga jadi pelanggan yang loyal,”ungkapnya.

Sementara, Salahuddin selaku Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe dalam kesempatan itu menyampaikan, Pemerintah Kota Lhokseumawe sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang hadir.

Sebagai ketua Forum CSR Kota Lhokseumawe, beliau juga berharap agar kegiatan berbasis digital untuk terus digalakkan di kalangan masyarakat terutama para pelaku bisnis karena saat ini daya saing UMKM dan daerah salah satunya dapat ditingkatkan melalui teknologi digital.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unimal, Prof. Dr. Herman Fithra berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi gerakan bersama semua pihak dalam satu komunitas besar untuk saling berbagi informasi seputar dunia digital.

Pada kesempatan itu dia juga berpesan agar seluruh dosen dapat mengaplikasikan hasil-hasil riset kedalam program pengabdian kepada masyarakat untuk dapat memberikan nilai tambah dalam inovasi dan turut mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan serta peningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Husna Riefifa, salah seorang pelaku digital marketing yang juga koordinator peserta merasa sangat bahagia dan berterima kasih diikutkan dalam workshop lanjutan ini dan mengharapkan agar semua pihak dapat membuka diri untuk terjun langsung dalam pemberdayaan masyarakat terlebih di masa pandemi dimana UMKM mengalami pukulan keras akibat wabah Covid-19 ini.

Dalam kondisi yang serba digital ini, penguasaan teknologi digital sangat diperlukan, terutama dalam sektor pemasaran bisnis. Karenanya, melalui workshop digital marketing ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat dan pelaku bisnis lebih knowledgeable dan memahami strategi bisnis dengan konsep pemasaran digital.

Pelaksana Kegiatan PKW-CSR:
Ketua: Dr. Mariyudi, SE, MM (Dosen FEB – Universitas Malikussaleh),
Anggota 1: Prof. Dr. M. Sayuti S.T, M.Sc (Dosen FT – Universitas Malikussaleh),
Anggota 2: Dr. Hendra Raza, SE., M.Si. Ak., CA (Dosen FT – Universitas Malikussaleh), dan
Anggota 3: Elwina S.T, M.T (Dosen Teknik Kimia – Politeknik Negeri Lhokseumawe). (rel/asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here