Beranda Daerah Bank Indonesia Siapkan Uang Rp 4 Triliun untuk Aceh

Bank Indonesia Siapkan Uang Rp 4 Triliun untuk Aceh

ASPOST.ID-Untuk mencukupi kebutuhan uang tunai periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah di Provinsi Aceh, Bank Indonesia Provinsi Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe telah menyediakan uang tunai sebesar Rp 4 Triliun.

Hal itu sebagai respon untuk memenuhi kebutuhan Perbankan dalam menyiapkan kebutuhan ATM saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H. Kemudian untuk layanan penukaran uang pecahan kecil bagi seluruh masyarakat Aceh.

Demikian disampaikan Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Aceh Rony Widijarto P, dalam sambutannya pada Kick Off Semarak Rupiah Ramadan & Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023, di halaman Kantor BI setempat, Senin 27 Maret 2023.

Ia mengatakan, dalam rangka menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah, Bank Indonesia Provinsi Aceh berkerjasama dengan Perbankan, BPRS dan PT. Pos Indonesia membuka layanan penukaran uang yang tersebar di 47 jaringan kantor cabang dari 13 Perbankan Syariah, 2 BPRS dan 1 PT. Pos Indonesia di wilayah kerja KPw BI Prov. Aceh pada periode 28 Maret s.d 18 April 2023.

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, Perbankan dan BPRS. Layanan Kas Keliling Bersama berlokasi di halaman Parkir Barata, dari hari Senin s.d Kamis tanggal 10 s.d 18 April 2023 mulai pukul 09.00 s.d 12.00 Wib.

Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan dapat melakukan pemesanan penukaran Uang dengan menggunakan Aplikasi Pintar (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir di lokasi.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi Kepada Bank-bank yang telah berkerjasama dalam layanan penukaran uang bersama,”ucapnya.

Ia berharap dukungan tersebut dapat semakin kuat terjalin di masa yang akan datang dan mampu menjalakan amanah Undang -undang Mata Uang untuk mengajak masyarakat dalam berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang).

Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan (tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian), belanja produk dalam negeri (khususnya produk UMKM),dan mengalokasikan dana secara tepat (berhemat dan menabung).

Tema Ramadhan/Idul Fitri yang diusung tahun ini merefleksikan ajakan tersebut, yakni “Serambi Rupiah Ramadhan, Belanja Bijak”.

“Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, maka Kick Off SERAMBI 2023 di KPw BI Provinsi Aceh, Kerjasama Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Kepada Masyarakat Periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H saya nyatakan dibuka,”terangnya.

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here