asd
Beranda Daerah Mahasiswa Unimal Dukung Usaha Sapu Lidi BUMG Blang Poroh

Mahasiswa Unimal Dukung Usaha Sapu Lidi BUMG Blang Poroh

Direktur BUMG Mudah Rezeki Blang Poroh, Ramli AR, sedang mengajarkan mahasiswa cara membuat sapu lidi.AsP

ASPOST.ID- Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 230 Universitas Malikussaleh (Unimal) mendukung
pembuatan sapu lidi yang dijalankan oleh unit usaha dari Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Mudah Rezeki Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Para mahasiswa itu, kini sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Blang Poroh, merupakan salah satu Gampong Tangguh Peduli Covid-19 di Lhokseumawe, yang diresmikan oleh Muspida Lhokseumawe, pada Senin 22 Juni 2020 lalu.

Sekdes Blang Poroh Jamaluddin, yang juga alumni Kampus Unimal, menyampaikan, dukungan adik-adik mahasiswa sangat dibutuhkan untuk ikut serta mempromosikan sapu lidi hasil produksi BUMG Blang Poroh.

Disebutkan, untuk pelatihan proses pembuatan sapu lidi juga mulai dilaksanakan kepada mahasiswa yang ikut KKN-PPM di Blang Poroh, pada Selasa (2/11). Kegiatan ini dilakukan untuk mendobrak semangat masyarakat dalam menjalankan kegiatan bisnis yang dilakukan di unit BUMG itu sendiri.

Selain itu, kata dia, melalui usaha sapu lidi ini dapat membentuk semangat masyarakat Gampong Blang Poroh dalam menciptakan lapangan perkerjaan dan mengembangkan skill masyarakat yang ada di desa tersebut. Akhirnya, bisa menjadi sumber mata pencaharian baru dan merevitalisasi perekonomian masyarakat di Gampong Blang Poroh.

” Kegiatan pelatihan ini didukung langsung oleh Keuchik Gampong Blang Poroh, Abdullah serta dipandu Direktur BUMG Mudah Rezeki, Ramli AR dan Kepala Dusun A, Tgk.Bustami,
mengajari mahasiswa cara membuat sapu lidi,”ungkapnya.

Kepala Dusun A, Tgk. Bustami juga mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi bekal dan gambaran bagi mahasiswa akan peluang bisnis pembuatan sapu lidi. Dengan begitu sederhana sehingga dapat menambah wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam proses pembuatannya.

Sementara itu, mahasiswa kelompok 230 KKN Unimal di Blang Poroh diketuai oleh Salimuddin dari Teknik Kimia, serta anggotanya Nurul Syawal Teknik Kimia, Angga Wibatsu Karim Kedokteran, Davit Hasimi Agroekoteknologi, Rizka Amelia Agroekoteknologi, Aldilla Zuhra Teknik Kimia, Mhd.Azrin Teknik Kimia, Dicky Rahmadani Administrasi Bisnis, Putri Inas Salsabila Akuntansi, Cut Nur Azizah Administrasi Bisnis. Sedangkan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM Kelompok 230 yaitu Sirry Alvina S. Pd,. M, Pd.

Ketua Kelompok Mahasiswa 230 KKN Unimal Salimuddin menyebutkan, pembuatan sapu lidi yang diajarkan oleh Direktur BUMG yakni Pak Ramli sangat berbeda dari sapu lidi biasa. Dikarenakan dalam pembuatannya tidak menggunakan kaleng seperti yang banyak dijual di pasar, akan tetapi menggunakan pandan segi dan teknik anyaman, sehingga menjadikan sapu lidi yang kuat dan kokoh. ” Kami sangat mendukung usaha sapu lidi yang diproduksi oleh unit usaha dari BUMG Mudah Rezeki Blang Poroh, kami juga siap untuk mempromosikan,”katanya. (asp)

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here