Beranda KESEHATAN Mau Tau Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin, Ini Kisaran...

Mau Tau Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin, Ini Kisaran Angkanya

ASPOST.ID – Kadar kolesterol normal berdasarkan usia dan jenis kelamin bervariasi. Tubuh memproduksi lebih banyak kolesterol dari waktu ke waktu, jadi dokter menyarankan agar setiap orang berusia 20 tahun ke atas memeriksa kadar kolesterol mereka secara teratur, idealnya setiap 5 tahun sekali.

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Tingkat kolesterol yang tidak terkelola selama bertahun-tahun dapat menjadi tantangan untuk diobati. Anak-anak cenderung tidak memiliki kolesterol tinggi , dan dokter hanya perlu memeriksa kadarnya dua kali sebelum usia 18 tahun.

Namun, anak-anak dengan faktor risiko kolesterol tinggi harus diperiksa kadarnya lebih sering. Biasanya, laki-laki cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka daripada perempuan. Kadar kolesterol pria meningkat seiring bertambahnya usia, dan kadar kolesterol wanita meningkat setelah menopause.

Selain penuaan, setiap perubahan kadar kolesterol biasanya berasal dari kondisi kesehatan dan faktor gaya hidup. Kadar kolesterol total di bawah 200 mg/dl adalah sehat untuk orang dewasa. Sedangkan kadar kolesterol 200-239 mg/dl dinilai batas tinggi, dan kadar kolesterol sekitar 240 mg/dl sangat tinggi.

CDC mengungkapkan bahwa beberapa kondisi kesehatan dan faktor gaya hidup dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dikatakan bahwa diabetes tipe 2, misalnya, meningkatkan kadar kolesterol jahat, seperti halnya hiperkolesterolemia familial. Diet tinggi lemak jenuh dan jarang olahraga dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, diakui bahwa memiliki anggota keluarga dengan kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang. Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak, dan ada dua jenis yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Jika terlalu banyak kolesterol jahat dapat menumpuk di pembuluh darah, membentuk timbunan lemak yang disebut plak.

Plak tersebut dapat menyebabkan masalah lain, termasuk serangan jantung dan stroke. Kadar kolesterol total dan kolesterol jahat harus rendah. Tetapi memiliki lebih banyak kolesterol baik dalam darah dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Dokter dapat mengukur kadar kolesterol baik, kolesterol jahat, dan kolesterol total. Hasilnya mungkin juga menunjukkan kadar semua lemak non-HDL (baik) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Berikut daftar kadar kolesterol normal berdasarkan usia dan jenis kelamin dilansir dari Medical News Today, Jumat (1/7/2022).

  • Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 20 Tahun ke Atas

Kolesterol total: 125–200 mg/dl Kolesterol non-HDL: kurang dari 130 mg/dl Kolesterol jahat: kurang dari 100 mg/dl Kolesterol baik: 40 mg/dl atau lebih tinggi

  • Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun ke Atas

Kolesterol total: 125–200 mg/dl Kolesterol non-HDL: kurang dari 130 mg/dl Kolesterol jahat: kurang dari 100 mg/dl Kolesterol baik: 50 mg/dl atau lebih tinggi.

  • Kadar Kolesterol Normal Anak-anak Usia 19 Tahun atau Lebih Muda

Kolesterol total: kurang dari 170 mg/dl Kolesterol non-HDL: kurang dari 120 mg/dl Kolesterol jahat: kurang dari 100 mg/dl Kolesterol baik: lebih dari 45 mg/dl. (sindonews/aspost)

advertising

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here