Ternyata, Pelaku Penembak Kombatan GAM di Aceh Utara Tiga Tersangka

ASPOST.ID- Pelaku penembak kombatan GAM M.Yusuf (46) alias Buraq di Aceh Utara, bukan saja dilakukan oleh pelaku utama berinisial Al (25), tapi ada dua tersangka lain dengan peran berbeda. Ketiga tersangka itu berhasil ditangkap dan kini mendekam di sel tahanan Mapolres Aceh Utara, untuk proses hukum.

Hal tersebut terungkap saat Polres Aceh Utara melakukan konferensi Pers dengan awak media di Mapolres setempat, Jum’at (4/3) yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Iptu Noca Tryananto, S. Tr. K., mewakili Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M.

Kasat Reskrim Iptu Noca Tryananto menyampaikan, tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Aceh Utara sudah menangkap AL (25) yang merupakan pelaku utama penembakan dan dua tersangka lain yakni berinisial AM dan FR.

“Ketiga tersangka mempunyai peran yang berbeda dalam melakukan rangkaian kegiatan pembunuhan dengan menggunakan senapan angin laras panjang terhadap M.Yusuf,”ungkapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan keterangan para saksi yang diperiksa, menguatkan bahwa pelaku utama berinisial AL yang saat kejadian berada di seputar lokasi ditemukan M. Yusuf, pada Selasa (1/3) di Gampong Alue Ngom, Kecamatan Nibong, Aceh Utara.

“Hasil pengembangan kita dan pemeriksaan saksi-saksi, akhirnya Tim Opsnal Satreskrim Polres Aceh Utara berhasil menangkap tersangka utama AL di Simpang Lambaro, Kabupaten Aceh Besar pada Kamis 3 Maret 2021 sekira pukul 05:00 Wib saat hendak melarikan diri mengunakan mobil angkutan umum L300″,kata Iptu Noca.

Sementara tersangka kedua berinisial AM yang merupakan abang kandung pelaku utama juga telah diamankan pada Rabu (2/3) sekitar pukul 22:30 Wib yang sedang berada dirumahnya Gampong Alue Ngom, Kecamatan Nibong, Aceh Utara.

Disebutkan, berdasarkan pengembangan yang dilakukan Satuan Reskrim Polres Aceh Utara, mengarah kepada tersangka ketiga yang berinisial FR diamankan pada Kamis (3/3) sekitar pukul 16:30 Wib. “Saat diamankan juga saat sedang berada di rumahnya, Gampong Alue Ngom Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara.

“Peran pelaku utama AL berdasarkan informasi yang diperoleh Tim Opsnal Satreskrim Polres Aceh Utara mutlak sebagai pelaku penembakan terhadap korban, kegiatan itu dibantu oleh saudara FR dan senapan yang digunakan juga merupakan kepemilikan FR,”ungkap dalam keterangan tertulis kepada aspost.id.

Lanjut Kasat Reskrim, usai melakukan penembakan terhadap korban, pelaku utama langsung diberikan baju serta uang oleh abang kandungnya senilai Rp 2 juta untuk mengamankan diri sampai keadaan kondusif.

“Alhamdulillah, berdasarkan kerjasama semua pihak kita berhasil mengamankan para tersangka. Hingga kini dalam proses penyidikan lebih lanjut”, ucapnya. (asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here