Guru SD dan SMP di Aceh Utara Harus Kuasai Teknologi Informasi

ASPOST.ID- Guru sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aceh Utara, harus betul-betul paham dan menguasai teknologi informasi atau IT. Apalagi, di era digitalisasi saat ini ilmu teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai pendidik.

“Kedepan, sekolah-sekolah di Aceh Utara juga harus memiliki website dan media sosial untuk mempromosikan kegiatan sekolah, guru dan siswa yang berprestasi,”ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos., M.Pd saat memberikan sambutan pada acara Launching Kegiatan KKG dan Pelantikan Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG), Guru Kelas Guru PAI dan Guru PJOK Kecamatan Tanah Luas berlangsung di SDN 12 Tanah Luas, Sabtu (5/3).

Jamaluddin menyebutkan, dengan menguasai IT maka para guru akan mampu menjawab tantangan era globalisasi dewasa ini. Dimana kedepan, guru dituntut untuk bisa membuat sebuah konten pembelajaran yang lebih profesional kepada peserta didik.

“Semoga dengan aktifnya kembali KKG ini akan memudahkan para guru untuk saling berkomunikasi dan mencari kelemahan dalam sistem pembelajaran selama ini di sekolah untuk perbaikan kedepan,”sebut Kadisdikbud ini.

Lanjut Jamaluddin, pihaknya juga
akan terus melakukan monitoring dan memantau perkembangan guru sekolah serta akan meminta laporan dalam bentuk video pendek melalui pengawas pembina di masing-masing tingkatan.

“Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah merambah ke semua sektor telah merubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu diperlukan guru yang profesional yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas SDM pada setiap satuan pendidikan di Aceh Utara,”pintanya, seperti dilansir harianrakyataceh.

Namun, sambung Jamaluddin, jika ada guru yang belum mengerti tentang teknologi informasi maka akan dilakukan pelatihan-pelatihan secara berkelanjutan tentang materi yabg belum dikuasai.

Sementara itu, turut dihadiri dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Razali, bersama Kabid Dikdas, Kabid Sarana dan Prasarana serta para Muspika Tanah Luas, kepala sekolah, guru se kecamatan Tanah Luas dan komite sekolah. (rakyat aceh/asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here