Jokowi Depak Menteri asal Aceh, Digantikan oleh Mantan Panglima TNI

Joko Widodo mendepak Sofyan Djalil dari jabatan sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang.

ASPOST.ID- Joko Widodo mendepak Sofyan Djalil dari jabatan sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang. Jabatan itu diserahkan kepada mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto

Selain Hadi, Jokowi juga melantik Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional, sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Nama-nama lain yang dilantik Jokowi hari ini adalah berasal dari tiga partai politik pendukung Jokowi, yakni Partai Gerindra, PDIP, dan PSI. Salah satu kader Partai Gerindra yang dipilih Jokowi untuk posisi Wamen, yaitu Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Sementara kader PSI yang ditunjuk sebagai wakil menteri adalah Raja Juli Antoni. Dari PDIP, Jokowi memilih John Wempi Wetipo, juga untuk menduduki posisi wakil menteri.

Rahayu Saraswati didapuk sebagai Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Sedangkan Raja Juli sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. John Wempi ditunjuk sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Bagi Sofyan, ini adalah kali kedua dia didepak Jokowi dari posisi kabinet. Saat Jokowi berpasangan dengan M Jusuf Kalla, Sofyan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Kerja.

Jabatan ini hanya dia pegang selama satu tahun lantas digantikan oleh Darmin Nasution. Sementara Sofyan ditunjuk sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggantikan Andrinof Chaniago.

Pada pertengahan 2016, Sofyan Djalil lagi-lagi digeser. Posisinya digantikan oleh Bambang Brodjonegoro.

Setelah memenangkan pemilihan bersama Ma’ruf Amin, Jokowi kembali menunjuk Sofyan Djalil sebagai menunjuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang. Hari ini, dia kembali didepak untuk memberikan posisi kepada bekas Panglima TNI, Hadi Tjahjanto.

Pada kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sofyan Djalil pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika sebelum bergeser menjadi Menteri Negara BUMN Indonesia.

Sofyan Djalil lahir di Peureulak, Aceh Timur, pada 23 September 1953. Setelah mengambil gelar sarjana di Universitas Indonesia, dia meraih gelar Master of Arts di Tufts University, Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, untuk bidang studi kebijakan publik.

Sofyan Djalil juga mengantongi gelar master bidang hukum dan diplomasi serta meraih gelar doktor bidang keuangan internasional dan pasar kapital. Dia juga tercatat sebagai praktisi yang melanglang buana di sejumlah universitas ternama di Indonesia. (rmolaceh/aspost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here